Rabu, 21 September 2011

Sketsa Pesawat Terbang untuk kerajinan



picture by googleKebetulan saat libur lebaran saya diberi tugas oleh guru PLH saya untuk membuat karya seni dari gulungan koran yang ukurannya sebesar sedotan. Karya seni tersebut adalah pesawat terbang yang terbuat dari gulungan kertas koran sebesar sedotan. Kata guru PLH saya hasil dari pengumpulan siswa akan dipajang dipameran sekolah nanti. Tugas ini memang cukup berat, namun saya berusaha agar dapat memaksimalkan hasilnya. Memang sangat sulit untuk membuat pesawat terbang dari gulungan kertas koran yang ukurannya seperti sedotan.                            

Yang pertama dibutuhkan dalam pengerjaannya adalah Sketsa. Sangat sulit untuk mengerjakan semua ini apabila tidak ada sketsanya. Karena dengan adanya sketsa kita dapat melihat bentuk dari pesawat tersebut dan bisa kita tiru bentuk pesawat tersebut. Alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pengerjaan pesawat ini adalah kertas koran , lem , gunting , cat , dll. 


Langkah-langkah dalam membuat pesawat ini yang pertama membuat gulungan koran sebesar sedotan sebanyak kira-kira 50 biji. Dan yang selanjutnya merangkai gulungan-gulungan tersebut menjadi badan kapal seperti gambar pada sketsa. Agar pembuatan badan kapal berjalan mudah ada baiknya kita mencetaknya dengan menempelkan gulungan koran tersebut ke botol air mineral atau sejenisnya, lalu lem antara gulungan-tgulungan tersebut sampai menempel dengan maksimal. Setelah kering kita tinggal melepaskan botol tesebut.

Setelah membuat badan kapal, lalu kita tinggal membuat sayap-sayap si kapal tersebut. Dan setelah itu kita rangkai bagian-bagian tersebut dengan lem. Guntinglah bagian-bagian yang terlihat tidak rapih . Setelah rapih dan kering, kita tinggal memberi pesawat tersebut cat . Dan pesawat pun Jadiii...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar