Kamis, 08 September 2011

tips modifikasi sepeda lipat : season 1

Sepeda lipat termasuk sepeda eksitik yg lucu nan unik, memilikinya rasanya seperti memiliki anjing atau kucing yg lucu, rasanya pengen ngedandanin mulu, hari ini pgn make in baju pinky, besoknya pgn make-in baju bajak laut, lusa beda lagi...semua terlihat lucu... itulah kalo punya sepeda lipat tuh..

Dalam keadaan standar aja, bawaan dari pabrik tanpa tambahan apa2, kerap kali kita menjadi perhatian orang dimanapun kita berada. apalagi klo kita tambahin ini itu...makin aja tambah eye catching....

Berikut ini sy coba untuk mengulas modifikasi atau rubahan-rubahan yg paling minimal dalam dandanin sepeda lipat kamu. Saya ga bermaksud ngajarin, ini hanya berdasarkan pengalaman kami selama ini. Sekali lagi, modifikasi yg dilakukan dibawah adalah dengan spesifikasi minimal, kalau memang ada rejeki lebih, bisa menggunakan spec yg lbh bagus lagi.

Yuk dimulai...

Secara umum, rubahan yg akan dilakukan dibagi menjadi 2 tahap. yg pertama adalah modifikasi untuk merubah penampilan. lalu tahap kedua untuk merubah performance. Masing2 tahap bisa dibagi dalam 2 termin alias 2 bulan alias nyicil...karena ga semua org mampu toh??

Tahap 1 : Penampilan

Pernah ga denger "mo otak bego ato pinter yg penting penampilan", naah klo diibaratin, yaa spt itu...boleh lah spec nya low end tp yg penting penampilan sepeda nya mantap atau lucu. Sebagian besar org modif sepeda karena pengen jadi pusat perhatian, maka tahap pertama ini lah yg mesti dilakukan pertama kali.

Pertama anda musti punya konsep, mo kaya gimana seli anda dibuat. Ada beberapa konsep, balap/road bike, MTB, sweety/girly chic, retro, fixie, atau banyak genre sepeda lainnya.  Tentunya semua konsep ini aslinya terdapat di sepeda roda besar, tp bisa juga anda aplikasi kan di sepeda lipat, malah akan membuat unik...bukankah itu yg dicari?

kalo dah ditentuin konsep nya, maka sekarang langkah selanjutnya adalah hunting asesoris, tentunya sesuai dengan konsep yg dipilih. klo mo konsep road bike tentu harus hunting dropbar, bartape dll. klo konsep nya retro atau vintage, maka pilihan warna frame nya hrs dirubah jd warna jadul kaya putih tulang, trus ditambah grip kulit. klo konsep MTB yaaa beli lah asesoris mtb, termasuk handbar oversize dan stem nya. klo mo kaya fixie, tambahin rise bar trus warna warni ban nya jg suatu kewajiban.

warna tabrakan bukan lah suatu hal yg mustahil, karena sekali lagi, tanpa diapa2in jg udah lucu apalagi klo ditambahin warna warni. yg paling mudah tentang ban, yaaa pilih lah yg sewarna dengan frame. ban warna seperti ini sekarang susah2 gampang nyari nya, ada dari kenda kwest dan jg dr inovative.

trus jangan lupa, ganti jok juga. boleh sewarna dengan frame atau nabrak warna. jgn dilupain jg kabel rem dan shifter disesuaikan dengan warna frame...bisa pake warna senada frame atau bisa juga pake warna netral kaya item n putih.

klo budget minimal banget yaa pilihlah asesoris tertentu yg dianggap spot eye catching dr sepeda itu. diantaranya ban, jok/sadel, grip, kabel. cukup itu aja deh...dah cukup buat org berpaling ke sepeda kita. lain-lainnya nyusul deh, kaya bottle cage, stem, handbar, pelek, hub-free hub.

Ini baru tahap 1 loh...
tp dijamin seli anda bakal tampil beda deh...
 
 
sumber  ::  http://konsletbike.blogspot.com/2010/12/tips-modifikasi-sepeda-lipat-season-1.html

1 komentar:

  1. Keren artikelnya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/tambah-keren-dan-jadi-pusat-perhatian-dengan-sepeda-ini-tapi-stabil-nda-ya/

    BalasHapus